Kepala Dusun (Kadus); Desa Mapur, Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Naga Videra alias Oga, melakukan Beli Jagung Kering Untuk Pakan Ternak dan panen perdana jagung hibrida B54 di areal kebun seluas 3 hektar di Dusun Mapur, Desa Mapur, Kabupaten Riau Silip.

 

Kami telah memanen jagung hibrida B54 selama seminggu terakhir untuk pakan atau pakan ternak di area sekitar 3 hektar dengan perkiraan hasil sekitar 5 ton.

 

Beli Jagung Kering Untuk Pakan Ternak

Diungkapkan umur tanaman jagung ini sekitar 90 hari atau setiap tiga bulan sekali, sudah bisa dipanen dan juga mudah perawatannya, biaya produksinya murah, hanya dua kali pemupukan.



 

Prospek pembelian jagung kering untuk pakan ternak ke depan cukup bagus karena berapapun produksinya, pengepul di Pangkalpinang dan Sungailiat bersedia membelinya di kisaran harga Rp 4.500-Rp 5.000 per kg, sedangkan penjualannya harga di toko sekitar Rp 7.000-8.000 per kg.

Cara Jual Jagung Ke Pabrik Dari Petani Mitra yang Bekerjasama

Prospek Bisnis Pertanian Jagung Pakan Ternak

Ia mengaku tertarik mengembangkan usaha budidaya jagung pakan ternak ini karena cukup mudah dan tidak rewel dalam pemeliharaannya, umur panen jagung cepat, batangnya pendek, sedangkan tongkol jagungnya rapat atau penuh.

 

Setiap batang jagung hanya memiliki satu buah atau satu tongkol jagung tetapi hampir semuanya mengandung, satu tongkol jagung yang dapat menghasilkan 1,5 hingga 3 ons jagung pipilan kering.

Ditambahkannya, jagung ini bisa ditanam 3-4 kali dalam setahun atau minimal bisa dipanen minimal 3 kali dalam satu tahun.



 

Harga Jagung Pipil Kering Kuta

Kalau satu ton jagung pipil kering di Kuta bisa dapat Rp 5 juta, kalau dapat 4-5 ton bisa menghasilkan Rp 20-25 juta per 3 bulan, kalau satu tahun bisa mencapai Rp 60-75 juta coba bandingkan dengan singkong, yang hanya bisa dipanen satu tahun setelah panen. Biaya tanam dan produksi, biaya panen, biaya transportasi mahal sehingga kami petani hanya mendapatkan hasil yang sedikit.

 

Ditegaskannya, karena itu ia bertekad untuk mengembangkan tanaman jagung pakan ternak ini sebagai alternatif pendapatan warga desanya.



 

Semoga kedepannya semakin banyak warga yang tertarik menanam jagung untuk pakan ternak ini karena prospek kedepannya juga semakin baik.

Pembeli Jagung Kering Dengan Kualitas Terbaik Dari Petani

Harga Jagung Pipilan Kering per Kg

Direktur Pakan Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, saat ini pemerintah telah mengeluarkan harga acuan jagung pipilan kering sebesar Rp 3.150 per kg. Dengan harga patokan ini, dia berharap petani jagung mendapatkan harga yang adil, dan industri pakan ternak dapat menikmati bahan baku dengan harga yang kompetitif.

 

Semuanya sudah diperhitungkan dengan baik oleh pemerintah agar harga di tingkat peternak bisa terjaga dan pelaku industri pakan juga mendapatkan harga yang kompetitif,” kata Nasrullah, di Jakarta.




 

Harga Jagung Dari Petani

Lebih lanjut ia menjelaskan, harga jagung petani sudah berada di atas harga acuan, yakni pada Mei-Juni 2016 sebesar Rp 3.320-3.390/kg. Sedangkan harga daging ayam (live bird) di peternak Rp. 17.500-19.500/kg, dan telur ayam Rp. 14.700-17.000/kg.

 

Hal ini menunjukkan bahwa bisnis industri pakan dan perunggasan semakin membaik. Hal yang perlu diperhatikan adalah sistem distribusi dan tata niaga kepada konsumen.




 

Penutup

Ia menegaskan, pemerintah saat ini tidak pernah tinggal diam dalam meningkatkan produktivitas sektor pangan dan menjaga stabilitas harga di pasar. Ia menegaskan, pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

 

Jangan khawatir untuk Beli Jagung Kering Untuk Pakan Ternak. Justru saat ini, bisnis perunggasan nasional semakin kondusif.

 

Info Produk & Pemesanan Hubungi

Hp: 081317553196 // 0812 1934 6665 (Call/WA)

Email: denipakan@gmail.com

 

Sumber: corteva.id