Distributor Kacang Tanah Tuban telah cukup dikenal di Indonesia. Hasil produksi komoditi pertanian tersebut menjadi salah satu unggulan di Jawa Timur. Pemasaran Kacang Tanang Tuban telah menembus rating tertinggi pasar di Nasional, dan Tuban menjadi salah satu sentra produksi Kacang Tanah di Jawa Timur.

 

Salah satu distributor Kacang Tanah di Kecamatan Merakurak Tuban mengaku bahwa Kacang Tanah dijualnya memiliki pasar yang cukup luas hingga ke luar pulau. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pasarnya, Juragan mendapatkan kiriman Kacang Tanah dari sejumlah petani Kacang Tanah yang berada di Kabupaten Tuban.

 

Distributor Kacang Tanah Tuban

Kami Distributor Kacang Tanah Tuban dari sejumlah petani Kacang Tanah di Tuban, diantaranya dari Merakurak sendiri, Palang, Semanding, dan Kecamatan Kerek. Dari petani kami membeli dengan harga antara 9000 rupiah hingga 9.200 rupiah, ungkapnya saat ditemui di gudang yang berada di Mawot Kecamatan Merakurak.




 

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari BPPKP Kabupaten Tuban menyebutkan bahwa, Jawa Timur memberikan kontribusi besar terhadap produksi Kacang tanah nasional, yakni 22 – 24%. Sedangkan Tuban termasuk sentra produksi Kacang Tanah di Jawa Timur dengan luas 21.000 – 28.000 ha, disusul Bangkalan dan Blitar masing – masing 15.000 –  18.000 ha dan 11.000 – 13.000 ha setiap tahunnya.

 

Beli Kacang Tanah Partai Besar Sebanyak 100-200 Kg per Hari

Kacang Tanah Varietas Lokal Tuban

Tidak hanya menjadi sentra produksi, Kacang Tanah varietas local Tuban juga telah menjadi varietas unggul, sejak ditetapkan dalam SK Menteri Pertanian No. 398/Kpts/SR.120/8/2003, pada tanggal 7 Agustus 2003.

 




Harga Jual Kacang Tanah Kupas Tuban

Dari sejumlah pedagang dan juragan Kacang Tanah yang ditemui, harga jual Kacang Tanah setelah dikupas dan dilakukan proses pengeringan, bisa mencapai 13.000 rupiah hingga 15.000 rupiah.

 

Sebagai salah satu komoditi penghasil kacang tanah terbesar di Jawa Timur, Kabupaten Tuban terus berusaha bertahan menjadi suplai pabrikan ternama keluar daerah, termasuk pada pengolah kacang tanah pabrikan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

 

Berdasarkan penelusuran di salah satu sawah Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban saat meninjau langsung hasil panen para petani, terbukti kacang tanah Tuban termasuk kualitas baik.




 

Warsipin, salah satu tengkulak kacang tanah saat ditemui mengatakan, kualitas kacang di Tuban memang sangat baik, setiap hari dia bisa panen kacang tanah seluas 2 hektare sawah, lahan seluas itu ia mengerahkan sedikitnya 90 buruh tani yang berasal dari sekitar Kecamatan Merakurak, Kerek dan Montong.

 

Sampai hari ini, menurutnya merupakan hari ke-15 masa panen kacang tanah, meliputi Desa Pongpongan, Temandang, Sugihan dan Senori, Kecamatan Merakurak. “Setiap hari bisa sampai panen 140 zak dengan berat minimal 15 ton, kemudian disimpan di gudang, selanjutnya dikirim ke Pati Jawa Tengah, yaitu di pabrik Dua Kelinci dan Kacang Garuda (Garuda Food),” terangnya.

 

Terkait harganya, Warsipin mengaku untuk tahun ini harga kacang tanah menurun. “Tahun lalu bisa sampai harga Rp 7.000, tetapi tahun ini turun hanya kisaran Rp 6.000 dan baru 3 hari ini naik menjadi Rp 6.300,” keluh petani asal Pongpongan ini.



 

Jual Kacang Tanah ke Pabrik

Sehingga, dirinya berharap agar harga bisa cepat stabil, harga kacang tanah kembali pada angka Rp 7 ribuan sesuai harapan petani, agar petani enak dan tengkulak juga tidak keberatan.

Menanggapi hal itu, Murtadji selaku Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban menyampaikan, sampai sekarang petani Kabupaten Tuban menjual kacang tanah tergantung dengan 2 pabrik, yaitu:

 

Beli Jagung Kering Untuk Pakan Ternak Langsung Dari Petani

Dua Kelinci dan Kacang Garuda, sedangkan posisi sekarang, dua pabrik tersebut kebutuhannya cuma sedikit, sehingga berdampak pada harga kacang tanah di tingkat petani menurun.

Pihaknya mengimbau kepada petani kacang tanah, ke depan di samping ada hubungan dengan 2 pabrik tersebut harus mampu mandiri, maksudnya mencari pasar lain di luar pabrik tersebut alias tidak bergantung hanya pabrik tersebut.



 

Distributor Kacang Tanah Kupas Tuban

Kacang tanah (mentah) kupas asli Tuban, kualitas terbaik tinggal goreng. Gurih dan renyah, cocok untuk dijadikan kacang bawang. Minimal beli 1 dus isi 10 pack @700 gram. Harga diatas merupakan harga per 1 dus.

 

Harga Gosir Kacang Tanah Tuban

  1. 6-10 dus: Rp. 199,000/dus
  2. 11-20 dus: Rp. 198,000/dus
  3. >20 dus: Rp. 195,000/dus

 

* Jika ingin membeli satuan/ eceran bisa mengunjungi toko kami di tokopedia.com/makanantradisiid pengiriman untuk pemesanan di tokopedia melalui Go-Send dan Grab.

 

Kontak Distributor Kacang Tanah Tuban: 0859 3036 5660

 

Sumber: makanantradisi.com dan kabartuban.com dan tubankab.go.id