Pengepul Bawang Merah Semarang sudah mulai meningkat akhir-akhir ini. Seperti diungkapkan beberapa pedagang di Relokasi Pasar Johar Baru, Semarang, harga bawang merah ukuran besar saat ini berada di kisaran Rp. 32 ribu menjadi Rp. 34 ribu per kilogram.

 

Pengepul Bawang Merah Semarang

Retno, salah satu Pengepul Bawang Merah Semarang di pasar, mengatakan kenaikan harga sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap, yang semula berkisar Rp. 20 ribu per kilogram, sekarang di atas Rp. 30 ribu per kilogram.

“Sebelumnya, saat panen raya Rp 15 ribu per kilogram.”

“Setelah itu, perlahan naik.”

“Sekarang sekitar Rp 34 ribu per kilogram untuk ukuran besar dan Rp 28 ribu untuk ukuran kecil.

 

Retno mengatakan, kenaikan harga bawang merah saat ini berdampak pada penjualan bawang merah di warungnya. Konon saat ini harga bawang merah masih berkisar Rp. 20 ribu, bisa terjual lebih dari 2 kwintal per hari. Saat harga naik, menurut dia, penjualan turun hingga di bawah 2 kuintal per hari.

4 Distributor Bawang Putih Sidoarjo Siap Melayani Kebutuhan

Panen Bawang Merah Ini Petani Merugi

Bukan karena gagal panen, tapi karena harganya yang hancur sehingga tidak menutupi modal yang dikeluarkan,” kata Rebo, 65, Pengepul Bawang Merah Semarang di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.

 

Hal senada diungkapkan Yulianto, 39 tahun, seorang petani di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Sejak memasuki musim panen, harga bawang merah turun, meski hasil panen cukup melimpah, berkisar 10-14 ton per hektare.

Kenaikan harga berdampak besar.”

“Biasanya konsumen membeli banyak, sekarang sedikit.”

“Harganya naik, suplainya sedikit”

 

Pedagang lainnya, kata Tarni, harga bawang merah di Pengepul Bawang Merah Semarang kini berada di kisaran Rp. 32 ribu per kilogram.

Sedangkan ukuran kecil dipatok Rp. 25 ribu per kilogram.

Menurut Tarni, harga termurah bawang merah besar asal Boyolali, yakni sekitar Rp. 22 ribu per kilogram.

 

“Harganya naik karena bukan musim panen.”

“Banyak orang dari luar kota yang mencarinya, panennya sedikit.

Sementara itu, Pengepul Bawang Merah Semarang mengatakan harga bawang putih stabil di kisaran Rp. 22 ribu menjadi Rp. 25 ribu per kilogram.

 

Petani Bawang Di Kabupaten Grobogan

Harga bawang merah anjlok, petani bawang merah di Kabupaten Grobogan dan Kudus menjerit karena merugi meski harga pasar masih cukup tinggi.

 

Peluncurannya, panen bawang merah tidak sepenuhnya disambut baik oleh petani di Kabupaten Grobogan dan Kudus karena harga komoditas tersebut turun, di tingkat petani. Harga bawang merah yang dipanen hanya berkisar Rp. 5.000-Rp. 7.000 per kilogram.

 

Kondisi ini berbeda dengan harga bawang merah di pasaran di beberapa daerah di Jawa Tengah yang mencapai Rp. 14.000-Rp. 20.000 per kilogram. Ini keluhan petani bawang merah. Mereka meminta pemerintah mengambil langkah strategis.

2 Distributor Bawang Bombay Surabaya Stock dan Harga Stabil

Harga Bawang Merah Di Tingkat Petani

Mencapai titik terendah Rp. 5.000-Rp. 7.000 per kilogram, meski harganya turun, juga sulit karena pasar tidak banyak menyerap hasil panen kali ini.

 

Kondisi ini berbanding terbalik dengan harga bawang merah di pasar tradisional di pesisir utara, harganya cukup tinggi mencapai Rp. 14.000-Rp. 20.000 per kilogram, padahal stok barang melimpah.

 

“Bawang merah cukup banyak, harganya di atas Rp 14.000 per kilogram karena susut tinggi karena basah saat dipanen,” kata Khayanah, 45, Pengumpul Bawang Merah Semarang di Pasar Johar, Semarang.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Sunardi, mengatakan turunnya harga bawang merah di tingkat petani disebabkan rendahnya daya serap pasar akibat pandemi.

 

Penutup

Adanya pembatasan aktivitas masyarakat selama ini, lanjut Sunardi, membuat daya beli masyarakat rendah, sedangkan saat ini produksi di Pengepul Bawang Merah Semarang cukup besar sehingga hasil panen bawang merah tidak terserap pasar.

 

Kontak Pengepul Bawang Merah Semarang

Hubungi WhtsApp: 085 225 886 428

Kami ingin mempersembahkan bawang merah asli Bima NTB untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 2 ton setiap harinya. Untuk distributor yang ingin cek harga silahkan hubungi Hp/WA 0812 8611 8477 A/N Muhammad Nur Dirham (Noris).

 

Sumber: medcom.id, jateng.tribunnews.com